Home

JUMAT BAROKAH

  • Tanggal : 22 Januari 2015
  • Tempat : Biokim C1.1, Kampus FK Unpad Jatinangor
  • Presentan : Sakina Paramita Sulistijo (2014)
  • Judul :

Knock down regulation of Import Nuclear HSP70 (Hikeshi Protein) with siRNA for Enhance Thermotherapy Effect in Cancer Treatment

  • Journal utama :

Hikeshi, a Nuclear Import Carrier for Hsp70s, Protects Cells from Heat Shock-Induced Nuclear Damage
Shingo Kose,1,* Maiko Furuta,1 and Naoko Imamoto1
DOI 10.1016/j.cell.2012.02.058

 

  • Isi :

Nucleocytoplasmic transport merupakan suatu regulasi untuk menghantarkan suatu zat yang berasal dari inti sel lalu dihantarkan ke sitoplasma ataupun sebaliknya. Ketika pada suhu normal (37oC) terdapat importin Beta family yang berperan sebagai import nuclear dalam transport tersebut. Namun, diketahui bahwa ketika terjadi peningkatan suhu, importin Beta family akan mengalami degradasi dan terjadi peningkatan synthesis Heat Shock Protein -70 (Hsp70). Hsp70 merupakan molecular chaperon yang tersintesis akibat terjadinya peningkatan missfoled protein yang dihasilkan oleh peningkatan suhu, sehingga memberikan fungsi dalam membentuk protein refold.

Peningkatan suhu menyebabkan peningkatan synthesis Hsp70 yang terakumulasi di sekitar inti sel bagian sitoplasma. Namun, Beta family yang mengalami degradasi akibat peningkatan suhu tidaklah dapat menghantarkan Hsp70 untuk masuk kedalam sel.

Dalam pembahasa jurnal utama tersebut, diketahui terdapat Import Nuclear lainnya berupa Hikeshi protein yang berperan sebagai Import Nuclear dalam nucleosytoplasmic transport Hsp70 tersebut.

Hikeshi protein merupakan protein yang berperan dalam Import Nuclear terhadap HSP70. Sehingga ATP yang dibentuk oleh HSP 70 tersebut akan masuk kedalam inti sel , dan berubah bentuk menjadi ADP yang berfungsi sebagai bahan energy pengatur regulasi didalam inti sel dalam menjaga ketahanan dalam suhu tinggi tersebut.

 

Keterkaitan presentan untuk Hikeshi protein tersebut ditautkan dengan pengobatan kanker dengan metode peningkatan suhu panas (thermotherapy). Dengan tujuan untuk menghindari kerusakan pada sel normal yang berada di sekitar sel kanker selama pengobatan tersebut diberikan.

Dalam hal ini, penurunan jumlah Hikeshi protein dapat dilakukan dengan menggunakan metode siRNA.

 

  • Komentar, Saran serta Masukan :
  1. Peningkatan suhu terhadap sel dapat menyebabkan peningkatan metabolisme terhadap sel tersebut juga terjadinya synthesis enzim yang meningkat, ketika dilakukan proses peningkatan suhu terhadap pengobatan kanker seperti yang diajukan, maka ditakutkan bahwa sel kanker tersebut malah cenderung akan lebih aktif berproliferasi.

 

  1. Jika ingin melakukan intervensi terhadap 1 hal, tidak bisa jika hanya melihat 1 path yang ada, karna sesuatu di dalam tubuh manusia adalah suatu hal yang kompleks dan saling berikatan dengan hal lainnya. Karena diketahui bahwa HS70 ini merupakan molekul chaperone yang dapat berikatan(membawa) berbagai hal, bukan hanya berikatan dengan Hikeshi protein.

 

  1. Hikeshi protein diketahui banyak di hasilkan oleh kulit, sehingga jika ingin dilakukan penelitian terhadap cancer, maka coba intervensi terhadap cancer yang berada pada kulit.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s