Home

Hi guys!😎
Masih ingat dengan Opthalmicus yang diadakan beberapa hari yang lalu?

image

Yak,
Opthalmicus merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Departemen Scientific Paper and Poster SRC FK UNPAD atau yang biasa disingkat SPP. SPP ini bertujuan untuk memfasilitasi teman-teman SRC yang akan mengikuti acara acara keilmiahan, seperti pembuatan karya tulis ilmiah, poster ilmiah, essay ilmiah, maupun kegiatan lain yang sesuai dengan tema yang akan dibahas, termasuk opthalmicus ini.

Opthalmicus sebagai program upgrading pertama SPP SRC, diadakan pada hari selasa, 11 November 2014. Pembicara yang hadir pada acara kali ini adalah dr. Shanti F. Boesoeiri, SpM(K), MKes. beliau adalah salah satu dokter spesialis mata yang bertugas di Rumah Sakit Mata Cicendo dibagian Rekonstruksi, Onkologi & Okuloplasti. Acara ini juga dibawakan oleh seorang MC bernama Rizki Nurwan D atau biasa dipanggil ND. Acara ini membahas semua tentang materi yang berhubungan dengan mata, dari mulai organ mata normal sampai pada pembahasan klinis nya, seperti cataract, glaucoma, diabetic retinophaty, AMD dan dry eye.

image

Foto ini diambil saat pembahasan mengenai katarak.
Katarak merupakan salah satu kelainan pada lensa mata. Normalnya, lensa mata terlihat bening atau jernih, namun seiring dengan bertambahnya usia, kejernihan lensa mata ini akan terganggu, lensa mata menjadi keruh sehingga terjadi gangguan fungsi penglihatan, kondisi inilah yang dinamakan katarak. Katarak ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti  riwayat keluarga, akibat dari komplikasi diabetes, inflamasi mata, dan lain-lain. Gejala dan tanda-tanda yang sering dikeluhkan pada penderita katarak adalah terganggunya penglihatan, kehilangan intensitas warna, bahkan dapat terjadi double vision atau penglihatan ganda. Itu pembahasan sekilas mengenai katarak.

Dokter Shanti sebagai pembicara, mengajak kami untuk selalu bersyukur, karena kita diberikan penglihatan yang normal. Dan satu lagi pesan beliau, sering-seringlah menjaga mata. Karena mata adalah “jendela hati”.

Setelah memberikan penjelasan mengenai katarak, kemudian dilanjutkan dengan pembahasan penyakit-penyakit mata lainnya sebagai bekal untuk pembuatan karya ilmiah. Setelah itu ada juga sesi pertanyaan, dan sampai pada penghujung acara kita tidak lupa foto-fotoooo. (Nunuy Nuraeni, 7th gen, SPP Dept).

image

Nah, seru banget kaaan?
Buat kalian yang belum sempat datang dan merasakan keseruan acara ini, tunggu kami di kesempatan lain!

Let’s smile through #ourgooddays and #ChangeTheWorld😻

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s